Salah satu kebutuhan utama doc untuk bertahan hidup dalam 4 minggu pertamanya adalah kebutuhan akan suhu udara yang hangat-panas di lingkungan terdekat sekeliling dimana doc berada, selain kebutuhan untuk makan dan minum terjadwal yang konsisten serta pemberian vaksin yang diperlukan dan tidak boleh terlambat.
Untuk memberikan kebutuhan akan suhu udara yang hangat-panas disekeliling doc berada, ada beberapa alternatif sistem pemanas yang ada di pasar dan mudah ditemukan, yaitu sbb :
  1. Pemanas dengan menggunakan gas LPG, ini yang paling umum tapi akan membutuhkan biaya tinggi untuk pengadaan tabung-tabung gas dan isinya,apalagi harga gas LPG naik terus.
  2. Pemanas dengan menggunakan tungku berbahan bakar briket batubara, salah satu alternatif berbiaya lebih ekonomis tapi memiliki kekurangan ada bau briket batubara yang terbakar cukup menyengat, dan jika kualitas batubaranya kurang baik maka bisa menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan ayam dan petugas kandang.
  3. Pemanas dengan menggunakan tungku kayu bakar, salah satu alternatif yang paling banyak digunakan karena lebih ekonomis dan mudah mendapatkan bahan bakunya, tetapi memiliki kekurangan dalam hal harus terus menerus diawasi supply kayu bakarnya pada saat digunakan, jangan sampai kayu padam.
  4. Pemanas dengan menggunakan lampu bohlam pijar, dengan sumber dari listrik, dimana kontinuitas supply listrik harus diutamakan jangan sampai padam/terputus.
  5. Pemanas dengan menggunakan lampu petromak seperti jaman dulu pakai bahan bakar minyak tanah tapi saat ini sudah ada modifikasi dengan menggunakan bahan bakar gas LPG juga, lebih hemat dari pada pemanas dengan bahan bakar gas LPG alternatif no 1, karena masa digunakannya berbeda, lebih efisien dan ekonomis.
Apapun sistem pemanas yang digunakan, yang terpenting adalah kedisiplinan dari petugas kandang untuk selalu memonitor pemanas dari waktu ke waktu. Hal ini karena doc sangat membutuhkan suhu lingkungan tempat doc ditempatkan harus hangat, dan jika kurang hangat/dingin dapat mempengaruhi kualitas pertumbuhan dan daya tahan tubuh doc itu sendiri, disamping tetap harus cukup pakan dan minum, dan program vaksin yang dijalani sesuai jadwal.
(Sumber : WUG)

Salam
Rodja Farm Jambi
Fb : https://www.facebook.com/rodja.farm
Pusat Bibit Unggas Berkualitas & Peralatan Peternakan
0852.6614.2450
0831.2180.0060