Beberapa pekan yang lalu saya berjumpa dan berbincang-bincang dengan sesama peternak, ia menceritakan pengalamannya membeli bibit/DOC ayam kampung dengan harga murah. Karena tergiur dengan iming-iming harga bibit/DOC yang murah ia pun membelinya. Alih-alih  ingin mendapat keuntungan malah kerugian yang ia peroleh. DOC/bibit ayam kampung yang ia beli, angka kematian nya sangat tinggi, bahkan yang tersisa adalah DOC yang kecil/kerdil-kerdil dan lambat pertumbuhannya.

Dari cerita dan pengalaman rekan sesama peternak tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa pemilihan DOC/bibit ayam kampung memegang peranan yang sangat penting di AWAL dalam menunjang keberhasilan peternakan yang kita jalankan. Bibit/DOC ayam kampung harus BERKUALITAS   dan mampu bertumbuh dengan baik, tidak mudah terserang penyakit, konsumsi pakan rendah namun pertumbuhan berat badannya dapat maksimal dan mampu panen tepat waktu dengan kondisi baik.

Bagi anda yang ingin memulai beternak ayam kampung, saya sarankan Anda memilih bibit ayam kampung yang berkualitas. Jangan tergiur dengan iming-iming harga yang murah, namun ternyata bibitnya tidak berkualitas, sehingga bukannya mendapat UNTUNG, kita malah akan meRUGI. Lebih baik kita merogoh kocek sedikit lebih dalam, namun kita mendapatkan DOC yang benar-benar berkualitas, dan langsung dari peternak. Karena peternak lebih tau proses pembibitan dari awal hingga siap jual, sehingga bisa memberi jaminan bahwa bibit DOCnya berkualitas. Langkah awal yang kita ambil sangat menentukan hasil akhir dari proses ternak ayam kampung.

Jadi, silahkan pilih..
DOC/Bibit ayam kampung berkualitas atau DOC/bibit ayam kampung murah tapi belum tentu berkualitas ...? 

Salam
Rodja Farm Jambi
Fb : https://www.facebook.com/rodja.farm
Pusat Bibit Unggas Berkualitas & Peralatan Peternakan
0852.6614.2450
0831.2180.0060