Biosekuriti adalah suatu tindakan pencegahan penyakit dari dalam atau luar area kandang sehingga ternak unggas (ayam kampung) berikut ikutannya menjadi aman dikonsumsi oleh manusia. inti dari biosekuriti adalah suatu proses menjauhkan bibit penyakit dari unggas dan menjauhkan unggas dari bibit penyakit. biosekuriti dapat mencegah agen-agen penyakit seperti virus, bakteri, jamur, protozoa dan parasit masuk ke peternakan dan membahayakan kesehatan unggas yang akan menyebabkan penyakit klinis yaitu suatu penyakit yang dapat diamati dengan jelas, penyakit sub klinis yaitu penyakit yang tersembunyi dan zoonosis yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia

Ada 3 elemen biosekuriti yaitu :

  1. Isolasi/pemisahan yakni suatu cara menciptakan lingkungan dimana unggas terlindungi dari pembawa penyakit (carrier) seperti : manusia, unggas tertular, udara, air dll.
  2. Pengendalian lalu lintas yakni mengendalikan lalu lintas manusia, ternak, peralatan dan kendaraan yang masuk dan keluar areal peternakan.
  3. Sanitasi yakni suatu cara atau tindakan menjaga kebersihan kandang serta peralatannya dan lingkungan guna pencegahan tempat bersembunyinya bibit penyakit yang sewaktu-waktu dapat menjadi pusat penyebaran penyakit.
Cara menghindari dan mengendalikan penyakit adalah

  1. laksanakan biosekuriti yang ketat
  2. laksanakan menejemen pemeliharaan yang baik
  3. kandang yang memenuhi persyaratan
  4. vaksinasi yang teratur (tepat waktu dan tepat dosis)
  5. pengobatan
  6. menambah ilmu pengetahuan 
Apabila dalam suatu usaha peternakan tidak menerapkan sistem biosekuriti yang ketat maka peternakan tersebut telah memasang BOM penyakit yang sewaktu-waktu dapat meledak sehingga kerugian yang diderita peternak akan lebih besar sehingga dengan menjalankan biosekuriti dan menejemen pemeliharaan yang baik dan benar serta di iringi ketekunan, keuletan dan kedisplinan yang tinggi dari peternak insha alloh akan berhasil dan sukses


Salam
Rodja Farm Jambi
Fb : https://www.facebook.com/rodja.farm
Pusat Bibit Unggas Berkualitas & Peralatan Peternakan
0852.6614.2450
0831.2180.0060